Prodi Ilmu Komunikasi Fisip Unmul Jalin Kerjasama bersama Universitas Mercubuana Yogyakarta

Category : Berita
Prodi Ilmu Komunikasi Fisip Unmul Jalin Kerjasama bersama Universitas Mercubuana Yogyakartaby adminon.Prodi Ilmu Komunikasi Fisip Unmul Jalin Kerjasama bersama Universitas Mercubuana YogyakartaDi Era Perkembangan teknologi memungkinkan setiap individu, lembaga melakukan banyak hal dalam berinteraksi. Teknologi mampu menjadi media pemersatu terutama di masa pandemic covid-19 ini tak menyurutkan langkah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Mulawarman untuk tetap melakukan kerjasama dengan Fakultas Ilmu Komunikasi dan Multiimedia Universitas Mercu Buana Yogyakarta. MoU (Memorandum Of Understanding) yang […]

Di Era Perkembangan teknologi memungkinkan setiap individu, lembaga melakukan banyak hal dalam berinteraksi. Teknologi mampu menjadi media pemersatu terutama di masa pandemic covid-19 ini tak menyurutkan langkah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Mulawarman untuk tetap melakukan kerjasama dengan Fakultas Ilmu Komunikasi dan Multiimedia Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

MoU (Memorandum Of Understanding) yang dilaksanakan oleh pihak Fakultas Ilmu Komunikasi dan Multimedia Universitas Mecubuana Yogyakarta dan FISIP Universitas Mulawarman dimulai pada Tanggal 14 Oktober tahun 2020 hingga tanggal 14 Oktober tahun 2025 (5 tahun). MoU berisi kerjasama yang mampu memberikan kualitas kemajuan tiap-tiap lembaga terutama dalam bidang penelitian, pengabdian masyarakat, seminar dan promosi bersama. Diharapkan dengan adanya kerjasama ini dapat menjadikan kedua belah pihak meningkatkan mutu dan kualitas sumber daya manusia baik tim pengajar dan para mahasiswa.

MoU yang dilaksanakan secara daring melalui aplikasi zoom ini dihadiri oleh Dekan FISIP UNMUL, Dr. H. Muhammad.Noor, M.Si dan Dekan Fikom UMBY Didik Haryadi Santoso, M.A serta tim pengajar dari kedua lembaga. Meskipun via daring acara penandatanganan MoU berjalan dengan penuh kehangatan dimana masing masing pihak menyampaikan harapan-harapan baru yang ingin dituju dengan adanya kerjasama ini. Kemudian akan ditindak lanjuti dengan beragam program kerja untuk kedua belah pihak. Adapun beberapa perencanaan program kerjasama yang akan di laksanakan adalah :

  1. Podcast online (Live Streaming IG), kolaborasi dosen Ilkom UNMUL dan UMBY dalam membuat podcast online dengan tema seputar Ilmu Komunikasi, media publikasi Youtube – Vlog (Taping via zoom/record). Pertukaran budaya secara virtual, tukar konten Vlog yang mengandung unsur promosi atau advertorial dari masing-masing Prodi.
  2. Media Watch, Webinar bersama yang diteruskan dengan analisis pemberitaan lokal masing-masing kota (Samarinda dan Yogyakarta) dimana output akan disajikan secara infografis (dapat dipublikasikan di instagram, youtube dan media publikasi lainnya) dengan Mengikutsertakan mahasiswa untuk melakukan kajian media.
  3. Seminar Karya Ilmiah antar dosen, Mempresentasikan karya ilmiah scara bergantian baik antar dosen kedua lembaga via zoom meeting, (hasil penelitian, paper/kajian literatur dan pengabdian masyarakat). pelaksanaan seminar nasional komunikasi yang di buka untuk umum dan mengundang narasumber tingkat nasional.
  4. Kolaborasi menulis ‘book chapter’, menulis buku bunga rampai antara dosen dan mahasiswa di kedua lembaga, book chapter tematik, sehingga bisa menjadi rujukan secara spesifik dan mendalam bagi mahasiswa dan juga para dosen komunikasi, serta masyarakat secara umum.
  5. Kompetisi dan Pelatihan debat public relations, yang akan di iikuti oleh mahasiswa dari kedua kampus atau bisa juga terbuka untuk umum (sekaligus ajang promosi).
  6. Kompetisi dan pelatihan fotografi/ video yang akan di pamerkan secara virtual.
  7. Pengabdian Masyarakat, eksplor produk-produk/kekhasan/kearifan lokal dengan harapan bisa meningkatkan UMKM.
  8. Kuliah Pakar, bentuk pelaksanaan seminar/Workshop dengan mengundang pakar dari samarinda atau Yogyakarta yang di panel oleh dosen dosen dari UNMUL dan UMBY. Tema yang di angkat adalah Kajian Komunikasi Lingkungan (Tropocal Studies).

Semoga dengan adanya kerjasama ini kedua institusi mendapatkan banyak keuntungan dari segi kualitas serta tentunya diharapkan kedua belah pihak mampu memberikan sumbangsih pemikiran bagi dunia melalui riset-riset komunikasi, pengabdian masyarakat dan dari serangkaian program lainnya.
Salam.

Author: 

Related Posts