Workshop High Class Response(HCR) untuk civitas akademika Fisip-Unmul

Category : Berita
Workshop High Class Response(HCR) untuk civitas akademika Fisip-Unmulby adminon.Workshop High Class Response(HCR) untuk civitas akademika Fisip-UnmulPelaksnaan Worksop yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman dilaksanakan tanggal 26 sd. 27 Oktober 2021 di Hotel Mercure dan dihadiri oleh pejabat struktural dan celuruh Civitas Akademika Fisip-Unmul dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Workshop yang ke dua di tahun ini Mengangkat tema High Class Response (HCR) di peruntukan kepada seluruh […]

Pelaksnaan Worksop yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman dilaksanakan tanggal 26 sd. 27 Oktober 2021 di Hotel Mercure dan dihadiri oleh pejabat struktural dan celuruh Civitas Akademika Fisip-Unmul dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Workshop yang ke dua di tahun ini Mengangkat tema High Class Response (HCR) di peruntukan kepada seluruh Civitas Akademika Fisip-Unmul. Bersama coach yang handal pada bidangnya, yang di sapa akrab kang Harri Firmansyah, LCPC. Beliau adalah 1 dari 10 Trainer terbaik Indonesia yang memiliki gaya khas tersendiri (Pikiran Rakyat, Mei 2010), Komisaris PT. Transformasi Balajar Indonesi, Fouder HCR.ID, Chairman of Tempa Trainers Guild (2016-2018), Konsultan dan Trainer di lebih dari 150 Peusahaan Nasional Dan Multinasional dan penulis Buku Nasional Best Seller “High Class Response dan Sukses Mulia is My Life. Beliau di dampingi oleh kedua crew sebagai Fasilitator dalam kegitan ini.
Mengawali pagi, sambutan pertama disampaikan oleh Khairil Anwar, SE., M.Si (Sub. Koordinator Keuangan dan SDM Fisip Unmul) dilanjutkan oleh Dr. H. Muhammad Noor, M.Si (Dekan Fisip Unmu) secara resmi Membuka acara pada kegiatan ini. Seluruh peserta wokhshop berantusias untuk mengikuti kegiatan ini. Pada hari pertama, para peserta akan diberikan pemaparan materi sebanyak 3 sesi, termasuk simulasi, materi pertama seluruh peserta diajak untuk mengisi 3 point pertanyaan (Learning Back Log) yaitu, apa yang anda harapkan dari sesi training ini, apa yang ingin anda pelajari hari ini dan apa pertanyaan-pertanyaan yang anda miliki hari ini.

Latihan Find you Big WHY (terdiri dari 5 point pertanyaan), menentukan Assets Your Valus yang (50 macam) dikerucutkan menjadi 3 macam yang menggambarkan identity seseorang. Melalui worshop ini, diharapkan para peserta dapat menigkatkan kualitas hidup dan pelayanan yang lebih baik lagi. Ada beberapa hal yang menjadi sasaran untuk memperbaiki hidup agar lebih berkulitas yaitu meliputi 7 tingkat logis perubahan teori NLL By Robert Dilts yaitu: Spirituality, Identity, Values dan belipes yang termasuk dalam kategori capacity, kemudian skills, behavior dan environment termasuk dalam kategori capatity. Tujuan dari learning goals, “para peserta mampu memberikan respon terbaik untuk menghadapi dinamika seberat apapun yang terjadi di dalam pekerjaan dan kehidupan, sehingga mereka bisa mewujudkan hasil sesuai dengan harapannya.
Respon merupakan prilaku yang muncul karena adanya stimulus (Reaktif dan Proaktif). Mempelajari beberapa level respon sangat penting sekali kaitannya dengan pekerjaan yang dilakukan sehar-hari. Cara bekerja sama dengan tim, mendengarkan, peduli, komunikasi dan koordinasi untuk mencapai tujuan bersama. Ada beberapa level respon yang harus di pahami untuk di implementasikan dalam pekerjaan, level basic,Expected (seharusnya ada), desired (diharapkan), wow suprising (mengejutkan) dan level tertinggi dari respos adalah unbelievable (luar biasa).
Setiap orang memiliki kendali eksternal dan internal, dimana kendali eksternal memilika fakta stres kerja tinggi, kinerja yang rendah dan kepuasan kerja yang rendah yang akan menimbulkan beberapa dampak diantaranya tidak belajar dari kegagalan sehingga berhenti bertumbuh,anak buah tidak respek dan atasan tidak lagi memberikan kepercayaan. Hindari kendali internal yang bersifat blame, excuse dan justify, evaluasi bahwa kesalahan yang terjadi berasal dari diri kita, pertimbangkan sifat menyalahkan, berasalan dan justify kepada rekan kerja.
Mari kita terapkan 3 prinsip respon dalam kehidupan kita, perinsip peratama 100% hidup anda ada di tangan anda, prinsip kedua K+R = H (apapun kejadiannya, hasilnya selalu tergantung kepada respon yang kita berikan dan prinsip, dimana seseorang menyikapi masalah yang sama dengan tanggapan yang berbeda) ketiga response ability creates responsibility. Ada hal yang sangat berkesan hari ini, dimana semua peserta di arakhan untuk bermain sebuah game yang intinya game ini menunjukan cara kita berterima kasih kepada rekan kerja dan cara mereka merespon dari sikap partner kerja yang mengucapkan terima kasih, Semua peserta merespon secara haru kepada partner kerja mereka.

Author: 

Related Posts