Mahasiswa Ilkom Unmul Kunjungi Kantor Gubernur

Category : Artikel
Mahasiswa Ilkom Unmul Kunjungi Kantor Gubernurby adminon.Mahasiswa Ilkom Unmul Kunjungi Kantor GubernurSAMARINDA – Lulusan Universitas Mulawarman (Unmul), khususnya yang berasal dari Program Studi Ilmu Komunikasi siap menjadi agen informasi, sehingga mampu menyampaikan berbagai perkembangan pembangunan daerah kepada masyarakat. Hal itu disampaikan Kepala Biro Humas dan Protokol Setprov Kaltim Tri Murti Rahayu saat menerima sekitar 130 mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik [...]

kantor gubernurSAMARINDA – Lulusan Universitas Mulawarman (Unmul), khususnya yang berasal dari Program Studi Ilmu Komunikasi siap menjadi agen informasi, sehingga mampu menyampaikan berbagai perkembangan pembangunan daerah kepada masyarakat.
Hal itu disampaikan Kepala Biro Humas dan Protokol Setprov Kaltim Tri Murti Rahayu saat menerima sekitar 130 mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman (Ilkom Fisipol-Unmul) saat berkunjung ke Kantor Gubernur Kaltim, Senin (11/4).
“Informasi berbagai program pembangunan kepada masyarakat, bukan hanya tugas pemerintah tetapi perlu dukungan rakyat, sehingga perlu disampaikan dengan baik dan benar  dana salah satu yang memiliki peran itu adalah para lulusan Unmul, terutama dari Program Studi Ilkom,” kata Tri Murti.
Dia berharap ketika para lulusan Unmul bekerja di lingkungan pemerintah, apa yang menjadi kebutuhan publik terhadap pemerintah dapat disampaikan dengan baik, sehingga masyarakt bisa menerima dan mengerti tentang program pembangunan daerah dan pada akhirnya mendukung untuk kelancaran di lapangan.
Dalam kesempatan itu, Tri Murti juga menjelasakan tentang fungsi kehumasa adalah untuk menyampaikan informasi dan mengkomunikasikan, berbagai hal yang bersifat internal maupun eksternal kepada masyarakat dengan baik sesuai data dan fakta. Karena itu, citra pemerintah harus dibangun melalui komunikasi dan informasi yang tepat dan cepat, sehingga masyarakat dapat mengetahui dengan baik.
Menurut Tri banyak program Biro Humas dan Protokol Setprov Kaltim yang dilakukan untuk mendukung program pemerintah daerah, termasuk program kerja dari semua SKPD di lingkungan Pemprov Kaltim.
Pemprov Kaltim memiliki banyak program pembangunan, antara lain soal infrastruktur jalan, jembatan, pelabuhan, bandara hingga peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) serta pelayanan kesehatan masyarakat. Semua ini harus disampaikan ke publik dengan baik sesuai data dan fakta
Karena itu, perlu banyak jaringan komunikasi yang mendukung, sehingga informasi tersebut dapat diterima masyarakat secara luas. Misalnya bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika melalui program Gubernur Menyapa yang disiarkan langsung Stasiun RRI Samarinda dan TVRI Kaltim, sehingga seluruh rakyat dapat mengetahui informasi tentang pembangunan daerah.
Informasi dimaksud, lanjut Tri, bisa disampaikan melalui surat kabar harian hingga media online. Bahkan di Biro Humas dan Protokol Setprov Kaltim telah bekerjasama dengan berbagai media termasuk memiliki koran elektronik (e-paper) serta media sosial. Semua itu, bertujuan untuk menyampaikan informasi progress perkembangan pembangunan daerah.
“Dengan demikian Humas dapat berperan sebagai fasilitator informasi kebijakan yang ditetapkan pemerintah. Kami berharap lulusan Unmul khususnya Program Studi Ilkom dapat mengetahui ini,” jelasnya.
Sementara itu, Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi (Ilkom, Fisipol-Unmul), Hairunisa mengatakan kunjungan ini untuk memberikan penyegaran kepada mahasiswa agar mengetahui apa yang menjadi tugas dan tanggungjawab kehumasan dan keprotokolan khususnya di lingkungan pemerintahan.(jay/es/hmsprov)

Author: 

Related Posts