Irene Sugiarto: Semua Harus Seimbang

Category : Alumni
Irene Sugiarto: Semua Harus Seimbangby adminon.Irene Sugiarto: Semua Harus SeimbangSaya masuk kuliah itu pada tahun 2013 dan lulus pada tahun 2017 selama 4 tahun. Pelajaran yang saya dapatkan ketika belajar dikampus sebagai mahasiswa komunikasi pada awalnya kita menganggap bahwa komunikasi itu tidak penting, namun seiring berjalannya waktu selama saya menyadari selama 4 tahun belajar segala aspek dalam hubungan baik internal maupun eksternal. Ketika kita [...]
Irene Angelina Sugiarto

Irene Angelina Sugiarto

Saya masuk kuliah itu pada tahun 2013 dan lulus pada tahun 2017 selama 4 tahun. Pelajaran yang saya dapatkan ketika belajar dikampus sebagai mahasiswa komunikasi pada awalnya kita menganggap bahwa komunikasi itu tidak penting, namun seiring berjalannya waktu selama saya menyadari selama 4 tahun belajar segala aspek dalam hubungan baik internal maupun eksternal. Ketika kita berbicara mengenai hubungan itu sudah ada komunikasi didalamnya bahkan proses pencarian jati diri dan hal – hal sepele itupun ada proses komunikasi didlamnya baik secara pribadi maupun orang lain. Jadi pada akhirnya saya melihat ilmu komunikasi ini adalah sebagai prose pembelajaran untuk mengerti aspek – aspek terkecil dalam hidup. Sebenernya simple permasalah yang ada diperusahaan itu simple seperti terjadinya kebangkrutan dan kasus hubungn internal dan eksternal itu karena hal sepele seperti komunikasi, banyak yang mengganggap bahwa komuniaksi itu tidak berdampak begitu besar namun jika dilihat dari keadaan sebenarnya itu semua karena komunikasi yang kurang baik. Progers itu bisa terjadi kalau setiap kita mendisiplikan diri kita sendiri sebenarnya bukan hanyan di prodi ilkom saja namun disetiap jurusan pun ada kita ada progres dalam bidang pembelajaran jika kita mendisiplinkan diri sendiri, dengan menerima pendapat atau masukan orang lain, banyak mendengar dan tidak egois itu semua kita dapatkan dari perkuliahan, kalau kita melupakan aspek – aspek itu meskipun ipk kita tinggi atau sebagus apapun kita tidak akan dipakai dilapangan menurut saya dan sebenranya kecil kemungkinan jika kita tidak memikirkan aspek terkecil dalam hubungan dan ip kita bisa bagus, kita dapat berhasil dalam hubungan dengan pribadi, orang lain maupun diri sendiri untuk mendisiplinkan itu semua boro – boro bisa belajar dengan enak dan ip juga gk akan meningkat, puji Tuhan selama perkuliahan kemarin karena dukungan orang tua, doa dan suport teman – teman dan keberhasialn membangun hubungan dengan orang lain itu membuat aku selama perkuliahan kemarin dari semester awal sampai akhir menglami peningkatan.
Hoby saya berhubungan dengan otak kanan misalnya bermain musik atau bernyanyi dan jikalau saya sedang jenuh terkadang saya akan mengambar,lebih besar kemusik. Sekarang saya sedang bekerja di separi tepatnya di PT These kontarktor indonesia. Suka dan duka dalam pekerjaan sangat banyak dan berbanding terbalik dengan dunia kampus dengan dunia kerja dari tuntutannya, pengertiannya, kepeduliannya serta etos kerja itu semua berbeda wakru kita belajar teori komunikasi secara teori ternayata didunia pekerjaan sangat kompleks dan kalau kita tidak aktif waktu kuliah kita akan bingung menghadapi teori yang jadi kenyataan ini. Jadi penting bagi teman – teman komunikasi juga aktif membangun jejaring hubungan dengan orang lain mau posisinya apa dan jabatannya apa kalau kita tidak membangun jejaring bakal staknan. Tantangan lain karena baru mengambil alih staf baru jadi tantangannya waktu kita mengerti bebrapa hal dan aktif di dunia perkuliahan overload pekerjaaan gitu jadi kita diberikan kepercayaan untuk mengerjakan sesuatu ternayata kita bisa menegrjakan hal b atau mengerjakan hal c jadi tumpang tindih akhirnya tugas aku sekarang adalah mendisiplinkan diri saya lagi seperti tegas jika tidak bisa katakan tidak jangan memaksakan kehendak dan jangan takut untuk dimarahi oleh atasan kalau tidak seperti itu kita sendiri yang akan keteteran.

Pesan dan kesan dari saya sebagai alumni prodi ilmu komunikasi kepada teman – teman yang sedang berjuang dalam perkuliahannya adalah perbanyak hubungan dengan orang lain tapi juga jangan lewatkan hubungan dengan diri sendiri dalam hal ini hubungan atau komunikasi dengan Tuhan karena itu kaittanya sangat erta percuma kita memiliki banyak hubungan dengan orang lain belajar dari segala sesuatunya kalau sama Tuhan saja kita lupakan. Ya ora et labora lah ya berdoa dan berusaha harus seimbang serta jangan pernah melupakan hubungan dengan keluarga karena itu penting banget, apalagi kita sebagai anak rantau yang sama seperti saya, ketika saya memiliki hubungan atau komunikasi yang baik dengan orang lain namun hubungan dengan keluarga sebagai orang terdekat kita atau unsur terkecil dalam masyarakat tidak baik itu artinya saya gagal dalam membangun komunikasi itu sendiri dan pada akhirnya kita bisa melihat bahwa hal sesederhana itu penting. Pada intinya semuanya harus seimbang, tinggal bagaimana kita dapat memanajemen waktu dengan baik untuk menjalankannya. Kita bisa saja kuliah sambil bekerja atau mengikuti banyak organisasi dan tidak terpatok kepada kuliah saja silahkan karena itu dapat mengembangkan potensi diri yang ada didalam diri kita sebagai acuan untuk memasuki dunia pekerjaan.

Motto hidup saya berdoa dan berusaha ketika kita memiliki hubungan yang lekat dengan Tuhan. Akhirnya tindakan – tindakan panik, gegabah atau apapun itu yang sifatnya manusiawi bisa diredam, itu penting sekali baik didunia perkuliahan ataupun pekerjaan dan termasuk membangun hubungan dengan orang lain jadi kita bisa legowo, lebih pengertian dan lebih banyak mendengar.

Author: 

Related Posts