Informasi Pendaftaran Pertukaran Mahasiswa Lintas Universitas

Category : Artikel
Informasi Pendaftaran Pertukaran Mahasiswa Lintas Universitasby adminon.Informasi Pendaftaran Pertukaran Mahasiswa Lintas UniversitasFISIP UNMUL – Sesuai surat pengumuman yang dikeluarkan oleh Wakil Dekan bidang Akademik Nomor 11623/UN.17.2/AK/2021 tentang “Pertukaran Mahasiswa Lintas Universitas”. bahwa kepada mahasiswa Fisip Unmul, khususnya yang akan memasuki Semester 5 dan Semester 7 pada Semester Ganjil 2021/2022, bersama ini disampaikan tawaran dari Kemendikbud Ristek untuk mengikuti proses pembelajaran dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka […]

FISIP UNMUL – Sesuai surat pengumuman yang dikeluarkan oleh Wakil Dekan bidang Akademik Nomor 11623/UN.17.2/AK/2021 tentang “Pertukaran Mahasiswa Lintas Universitas”. bahwa kepada mahasiswa Fisip Unmul, khususnya yang akan memasuki Semester 5 dan Semester 7 pada Semester Ganjil 2021/2022, bersama ini disampaikan tawaran dari Kemendikbud Ristek untuk mengikuti proses pembelajaran dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), sebagai berikut:

  1. Kemendikbud Ristek menawarkan program pertukaran mahasiswa Lintas Universitas di seluruh Indonesia dalam bentuk pengambilan mata kuliah di universitas-universitas yang dituju dengan ketentuan sbb:

Perkuliahan akan dilakukan secara luring (offline) atau luring dan daring (online).
Peserta pertukaran mahasiswa akan diberi bantuan biayai transportasi udara, UKT, akomodasi, biaya hidup, pulsa, dsb sesuai ketentuan Kemendikbud Ristek.
Jumlah KRS yang wajib diambil adalah 20 SKS selama satu semester, dimana 20 SKS itu bisa sepenuhnya diambil di universitas tujuan (semuanya luring), atau minimal 10 SKS di universitas tujuan (luring) dan sisanya sebanyak maksimal 10 SKS diambil di universitas lain (daring), termasuk di PTN asal (mis, Unmul/Fisip Unmul).
Mahasiswa memilih tiga pulau sebagai tempat universitas tujuan namun pulau tersebut bukan merupakan lokasi universitas asal atau domisili mahasiswa (mis. mahasiswa dari pulau Kalimantan bisa memilih pulau Jawa, Sumatra,dan Bali- NTB). Jika lolos seleksi, Kemendikbud Ristek yang akan menentukan di pulau mana masing-masing mahasiswa akan ditempatkan untuk perkuliahan luring/offline.
Untuk perkuliahan daring, mahasiswa bisa mengambil mata kuliah di universitas- universitas lain atau di universitas asal mahasiswa (mis. Unmul/Fisip Unmul) yang mata kuliahnya ditawarkan di program MBKM (nama mata kuliah ada di website Kemendikbud Ristek; lihat lampiran untuk MK Fisip Unmul).
Mahasiswa diharapkan mengambil mata kuliah yang sama, mirip, beririsan, atau yang mendukung Capaian Pembelajaran (CPL) Prodi sehingga proses pembelajaran yang diikuti sesuai/mendukung Capaian Pembelajaran (CPL) yang telah ditetapkan oleh Prodi atau kompetensi lulusan yang ingin dicapai.
Bila menurut Prodi mata kuliah yang diambil sangat jauh dengan bidang ilmunya, atau mata kuliah yang diambil semata-mata untuk menambah pengalaman belajar (khususnya mahasiswa Semester 7 yang sudah/hampir habis teori), mata kuliah yang diambil tersebut bisa dimasukkan di Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI). Untuk hal ini, mahasiswa akan diminta oleh Prodinya untuk membuat Surat Pernyataan bersedia memasukkan mata kuliah tsb di SKPI, yang penyerahannya ke Prodi dapat dilakukan pada saat meminta Surat Rekomendasi dari Prodi.
Mata kuliah yang diambil mesti mendapat rekomendasi dari Koordinator/Ketua Program Studi. Surat Rekomendasi ini bisa diupload setelah dinyatakan lolos seleksi dalam program pertukaran mahasiswa.
Surat Keterangan Sehat dari Puskemas/RS bisa diupload setelah dinyatakan lolos seleksi dalam program pertukaran mahasiswa.
Mahasiswa yang mengambil program ini diharapkan mengkomunikasikan pilihannya dengan Koordinator/Ketua Prodinya.

  1. Pendaftaran dilakukan secara daring/online di website Kemedikbud Ristek di URL https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/, Deadline pendaftarannya adalah hari Minggu tanggal 27 Juni 2021.

Fakultas mendorong mahasiswa Semester 5 dan Semester 7 (terutama Semester 5) untuk mengambil program pertukaran mahasiswa dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka ini guna menambah pengalaman belajar di luar kampus sendiri, memperluas wawasan, dan memilih apa yang menjadi aspirasi karier mahasiswa nantinya sehingga slogan Kemenristek Dikti terkait MBKM yakni “Ambil Kendali Masa Depanmu” bisa terwujud.

Repost From Website Fisip Unmul

note: silahkan unduh File Surat Pengumuman Pertukaran Mahasiswa Lintas Universitas.

Surat Rekomendasi

Pendaftaran dan Panduan Pendaftaran

Author: 

Related Posts