Field Trip Mata Kuliah Marketing Humas

Category : Artikel
Field Trip Mata Kuliah Marketing Humasby adminon.Field Trip Mata Kuliah Marketing HumasMarketing Public Relations (MPR) atau marketing Humas merupakan mata kuliah keahlian pilihan yang diselenggarakan oleh Prodi Ilmu Komunikasi Unmul. Pada perkuliahan semester ganjil lalu, mata kuliah ini dikemas dengan bentuk dan strategi pengajaran yang lebih variatif dengan mengkombinasikan bentuk kuliah tutorial didalam kelas dan juga kunjungan lapangan (field trip) ke beberapa perusahaan pada berbagai sektor [...]

DSC_0382

Marketing Public Relations (MPR) atau marketing Humas merupakan mata kuliah keahlian pilihan yang diselenggarakan oleh Prodi Ilmu Komunikasi Unmul. Pada perkuliahan semester ganjil lalu, mata kuliah ini dikemas dengan bentuk dan strategi pengajaran yang lebih variatif dengan mengkombinasikan bentuk kuliah tutorial didalam kelas dan juga kunjungan lapangan (field trip) ke beberapa perusahaan pada berbagai sektor bisnis.

Menurut Silviana Purwanti dan Annisa Arsyad selaku dosen pembimbing mata kuliah ini, Marketing Public Relations memang sudah seharusnya dikemas secara menarik karena MPR merupakan perpaduan ilmu teori dan juga seni yang sangat dinamis. Perkembangan isu-isu dibidang marketing PR sendiri berkembang pesat dan memerlukan orang-orang yang kreatif dan inovatif untuk berkecimpung didalamnya.

Selama 1 semester perkuliahan, mahasiswa semester 5 angkatan 2010, selain dibekali pemahaman tentang beberapa konsep mengenail MPR, seperti Bauran pemasaran , promotional mix, STP, dan branding strategy, mahasiswa/I juga diajak untuk mengadakan kunjungan ke beberapa perusahaan dan tempat usaha. Kunjungan pertama dimulai ke PT. Esa Indonesia Kreatif milik Bpk Eko Setya Husada. Sesi kunjungan ini dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu kelas pagi (15/10) dan kelas sore (17/10). Banyak hal didapat mahasiswa pada kunjungan ini. Bpk Eko Setya selaku owner PT Esa Indonesia Kreatif menceritakan sepak terjang bisnisnya yang dimulai dari sebuah biro konsultan untuk marketing, communication and advertising dan kemudian berkembang menjadi beberapa bentuk usaha, salah satunya waralaba “Café Lopecoffe”

Kunjungan kedua dilakukan setelah ujian tengah semester, hampir sama seperti kunjungan pertama, kunjungan kedua ini dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelas pagi dan sore. Ada 3 lokasi kunjungan yang direncanakan, yaitu PT. AI Daihatsu Sales Operation Cab. Samarinda, Telkomsel, dan Aston Samarinda Hotel & Convention Center dan penentuan lokasi ini dilakukan dengan cara mencabut undian. Berdasarkan undian yang telah dilakukan, mahasiswa kelas pagi mendapat kesempatan kunjungan ke Aston Samarinda Hotel & Convention Center, dan kelas sore mendapat kesempatan untuk berkunjung ke PT. Astra International Daihatsu Sales Operation Cab Samarinda.
Antusiasme terlihat dari bagaimana mahasiswa/i mengikuti field trip ini, baik kunjungan ke Astra Daihatsu maupun ke Hotel Aston. “ kunjungan seperti ini sangat menarik, selain menambah ilmu dan wawasan, kita juga punya pengalaman baru”, jelas Wahid mahasiswa kelas sore. Hal serupa dikemukakan oleh Leliyana Andriani mahasiswi kelas pagi, “kuliah lapangan ini memberikan perspektif baru bagi mahasiswa, dan melalui media seperti ini mahasiswa dapat berkenalan dengan praktisi dengan berbagai pengalaman praktisnya. Motivasi ini dapat berguna bagi mahasiswa untuk membangun mimpi-mimpi dan harapannya tentang masa depan,” demikian kata Leli.

Banyak hal yang diperoleh dari perkuliahan ini. Metode kombinasi tutorial dan studi lapangan dapat membawa perspektif baru bagi mahasiswa untuk mengembangkan sisi keilmuan dan juga sisi praktisnya. Field trip ini juga merupakan pengenalan bagi mahasiswa terhadap dunia kerja dan bagaimana praktik dari konsep marketing PR itu diimplementasikan. Selain itu, metode seperti ini dapat juga dilakukan sebagai salah satu strategi untuk menghindari kejenuhan mahasiswa.

Author: 

Related Posts